Minggu, 06 April 2014

Tahukah Kamu???


Tahukah kamu? ada 25 fakta menarik di sekitar kita yang wajib kita tahu, dan mungkin beberapa diantaranya justru membuat kita tercengang. Oke berikut 25 fakta menarik yang bisa saya temukan:
Fakta 1
Tahukah kamu? Organisme prokariot umumnya adalah bakteri yang hidupnya tergantung pada ketersediaan makanan di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, gen-gen (DNA) bakteri hanya di ekspresikan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. untuk adaptasi yang cepat, bakteri mampu mencetak enzim (Biokatalisator) dalam waktu kurang dari 20 menit dengan menguvah subtrat kimia yang ada.

Fakta 2
Tahukah kamu? Ternyata sel hanya ada dua, yaitu sel prokariotik (tidak memiliki membran inti) dan sel eukarotik (memiliki membran inti). Dan manusia termasuk ke dalam sel eukarotik.
Fakta 3
Tahukah kamu? Protein integral merupakan protein yang memiliki pagian hidropobik (alias tidak suk air) sehingga dapat melakukan pentrasi ke dalam dua lapis membran fosfolipid. Protein ini juga memiliki bagian hidrofilik atau kebalikan dari hidropobik alias suka dengan air.
Fakta 4
Tahukah kamu? komponen untama membran plasma adalah lipid (lemak), protein, dan sedikit karbohidrat.
Fakta 5
Tahukah kamu? Penyakit Tay-Sachs yang menyerang anak di Eropa Timur di sebabkan oleh Lisosom yang cacat sehingga terjadi penimbunan gangliosida Gm2 yang mengakibatkan sel-sel saraf tidak berfungsi dengan baik.
Fakta 6
Tahukah kamu? Ciri sel tumbuhan yang membedakannya dengan sel yang lain yaitu adanya dinding sel, vakuola makanan dan pastida.
Fakta 7
Tahukah kamu? Jaringan yang hampir ada pada setiap tumbuhan adalah jaringan parekim
Fakta 7
Tahukah kamu? Pada tumbuhan dikotil, empulur (tempat menyimpanan cadangan makanan dan sisa metabolisme pada tumbuha) ternyata hanya di temukan pada tumbuhan muda, dan empulur akan hilang sejalan dengan pertambahan diameter batang.
Fakta 8
Tahukah kamu? Jaringan yang terdapat pada hewan vertebrata dan manusia terdapat 4 macam: Jaringan epotel, jaringan ikat, jaringan otot dan jaringan saraf.
Fakta 9
Tahukah kamu? Pada saat embrio, tulang belakang terdiri dari 33 ruas, pada perkembangan sebelum lahir, ada beberapa ruas tulang belakang yang berfusi.
Fakta 10
Tahukah kamu? Rangka tubuh manusia tersusun dari 206 tulang.
Fakta 11
Tahukah kamu? Yang membedakan antara struktur tubuh manusia dengan vertebrata lainnya adalah struktur penyangga tubuhnya. Dimana manusia hanya bergerak dengan menggunakan dua tungkai bawahnya yang di sebut dengan potur biperal, sedangkan pada vertebrata menggunakan tungkai atas dan bawahnya yang di sebut dengan kuadriperal.
Fakta 12
Tahukah kamu? Dalam sebuta sehari-sari otot disebut dengan daging, otot pada tubuh manusia mencapai hampir separuh berat tubuh.
Fakta 13
Tahukah kamu? Otot manusia diduga mencapai lebih dari 500 jenis.
Fakta 14
Tahukah kamu? Gangguan pada sistem gerak dapat di sebabkan oleh aktivitas yang berlebih, pengaruh vitamin, terjadinya inveksi oleh mikroorganisme.
Fakta 15
Tahukah kamu? Sistem peredaran manusia adalah sistem peredaran darah tertutup dan peredaran darah ganda. sedangkan peredaran darah pada ikan perupakan sistem peredaran darah yang tertutup dan peredaran darah tunggal.
Fakta 16
Tahukah kamu? jalur predaran darah manusia di bedakan menjadi dua, yaitu: peredaran darah besar atau sistemik (dari jantung (ventrikel kiri) -> seluruh jaringan tubuh -> jantung (atrium kanan)) dan peredaran darah kecil atau pulmonalis (jantung (Ventikel kanan) -> paru-paru -> jantung (atrium kiri))
Fakta 17
Tahukah kamu? sistem peredaran darah pada serangga hanya berfungsi untuk mengangkut zat makanan?
Fakta 18
Tahuka Kamu? penghasil energi utama bagi tubuh manusia adalah glukosa. Dalam keadaan normal, darah seseorang mengandung 70-100 mg glkosa setiap 100 ml darah.
Fakta 19
Tahukah kamu? Protein hewani dapat di peroleh dari belalang, laron, larva lebah, dan kepompong.
Fakta 20
Tahukah kamu? berdasarkan sifat kelarutannya, vitamin di kelompokan menjadi dua, yaitu vitamin yang dapat larut dalama air (Vitamin B dan C) dan vitamin yang dapat larut dalam lemak (Vitami A, D, E dan K).
Fakta 21
Tahukah kamu? Duodenum berarti '12' dinamakan usus dua belas jari karena panjangnya kurang lebih 12 jari (sekitar 25 cm). Jejenum berati 'kososng' memiliki panjang 1 meter dam ilieum merupakan usus halus yang panjangnya mencapai 2 meter (WAW).
Fakta 22
Tahukah kamu? pada setiap par-paru manusia dewasa terdapat kurang lebih 300 juta alveoli.
Fakta 23
Tahukah kamu? Paru-paru burung tidak memiliki alveoli, dan sebagai gantinya memiliki pembuluh-pembuluh udara yang di sebut dengan parabronki.
Fakta 24
Tahukah kamu? keseluruhan waktu yang dubutuhkan spermatogenensis dari sel-sel germinal sampai menjadi sperma adalah sekitar 75 hari.
Fakta 25
Tahukah kamu? Peelitian di Eropa menujukan anak-anak usia 9,5 tahun yang mendapat ASI eksklusif memeiliki IQ 12,9 poin lebih tinggi daripada anak-anaks eusia yang tidak mendapatkan ASI eksklusf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar